Label

Rabu, 10 Juni 2015

Ujian Akhir Semester Metodologi Penelitian (Hukum)

SOAL :
1.   Tulislah 1 Judul penelitian lapangan ( field Reseacrh)  dengan jenis penelitian kuantitatif/kualitaif. Selanjutnya ikuti instruksi per item sebagai berikut :
A.    Judul penelitian ……(Penelitian lapangan. Kualitatif/kuantitatif)
B.     Buatlah Rumusan Masalah sesuai dengan judul penelitian
C.     Tulislah Populasi yang akan diteliti sesuai dengan judul penelitian
D.    D.Tentukan jumlah sample yang akan digunakan dan jelaskan tehnik pengambilan sample ( tehnik sampling ) yang anda gunakan
E.     Tentukan tehnik pengumpulan data  ( wawancara, observasi, angket, dll ) yang anda gunakan dalam penelitian tersebut
F.      Jika anda menggunakan angket, tulislah kisi-kisi angketnya. Jika  anda menggunakan wawancara atau observasi, tentukan jenis wawancara atau observasi yang anda gunakan dan tulislah pedoman wawancara atau cheklist observasinya

JAWABAN!!!
A. Judul penelitian (Penelitian lapangan kuantitatif)
Pengaruh Perilaku Partai Politik Terhadap Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Calon Anggota Legislatif di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro

B.  Rumusan Masalah :
1.      Sejauhmana Partai Politik berhubungan dengan pemilih dalam pemilihan Anggota Legislatif di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro?
2.      Seberapa besar pengaruh perilaku Partai Politik terhadap partisipasi pemilih dalam pemilihan Anggota Legislatif di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro?
C.  Populasi :
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah memiliki hak pilih (dibuktikan dari kepemilikan kartu pemilih) Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro.

D.  jumlah sample dan tehnik pengambilan sample ( tehnik sampling ) :
1.      Jumlah sampel dalam penelitian ini merujuk pada populasi Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro ada 130 responden.
2.      Tehnik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan cara probability sampling yaitu dengan Simple Random Sampling (pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi), karena Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro berjumlah 26 RT/8 RW maka dari itu masing-masing RT dipilih 5 orang secara acak yang akan menghasikan 130 responden.

E.  Tehnik pengumpulan data :
Tehnik pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh melalui tehnik kuesioner/angket tertutup (angket yang jawabannya berbentuk pilihan yang disediakan), tehnik pengumpulan data ini caranya dengan memberikan kuesioner /angket kepada semua responden.

F.   Kisi-kisi angketnya adalah sebagai berikut :
    I.   Karakteristik Responden
1.      Nama                           :
2.      Umur                           :
3.      Jenis Kelamin              :
4.      Pekerjaan Utama         :
5.      Pendidikan Terakhir    :
 II.   Karakteristik Pertanyaan
6.   Apakah anda mengikuti pemilihan calon Anggota Legislatif Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro ?
a.       Ya
b.      Tidak
7.   Apakah anda mengetahui adanya pemilihan calon Anggota Legislatif Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro ?
a.       Ya
b.      Tidak
8.   Apakah   menurut anda pelaksanaan pemilihan calon Anggota Legislatif Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro sudah mencerminkan nilai-nilai demokrasi seutuhnya?
a.       Ya
b.      Tidak
9.   Berdasarkan apa anda memilih calon Anggota Legislatif Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro?
a.       Partai
b.      Kepribadian
c.       Programnya
d.      Hasil/Prestasi
e.       Tokoh/Figure
III.   Pengaruh Partai Politik
10. Partai apa saja yang ada dalam pemilihan Anggota Legislatif Di Des.Glagahwangi Kec.Sugihwaras Kab.Bojonegoro?
a.       PKB
b.      PDI Perjuangan
c.       Partai Golkar, dll. Sebutkan………
11. Apakah anda pernah dikunjungi Partai Politik ?
a.       Ya
b.      Tidak
12. Apakah  menurut anda Partai Politik akan mengunjungi anda secara rutin nantinya?
a.       Ya
b.      Tidak
13. Menurut penilaian anda, apakah Partai Politik sudah mewakili kepentingan masyarakat di daerah?
a.       Mewakili
b.      Tidak Mewakili
14. Apakah  menurut penilaian anda Partai Politik dari anggota DPRD yang anda pilih akan menggunakan dana publik berupa penghasilan, tunjangan-tunjangan lainnya serta fasilitas Negara lainnya dengan benar dan jujur nantinya?
a.       Ya.
b.      Tidak
15. Menurut anda apakah anggota DPRD dari Partai Politik yang anda pilih akan membuat kebijakan politik seperti pembuatan Peraturan Daerah (Perda) dan keputusan-keputusan lain untuk kepentingan daerah dan akan mensosialisasikannya kepada masyarakat nantinya?
a.       Ya
b.      Tidak
16. Apakah   menurut anda anggota DPRD dari Partai Politik yang anda pilih memiliki moral dan kepribadian yang baik yang mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi?
a.       Ya
b.      Tidak
17. Apakah  menurut  penilaian anda anggota DPRD dari Partai Politik yang anda pilih akan menjalankan fungsinya sebagai anggota legislatif yang benar-benar mengkaji kebutuhan serta persoalan yang dihadapi masyarakat dan telah turun tangan untuk mengatasinya?
a.       Ya

b.      Tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar